Kelebihan Individual Quick Freezing (IQF)

Individual Quick Freezing

Dalam seni kuliner, istilah IQF singkatan dari “Individually Quick Frozen.” Makanan IQF terkenal karena setiap potongan makanan dibekukan terpisah dari yang lain. Jadi, misalnya, jual udang vannamei IQF, tidak hanya mengandung blok padat udang vannamei beku, namun sebaliknya, masing-masing udang vannamei beku terpisah di dalam kantong. Jelas, ini membuat makanan IQF jauh lebih mudah untuk dikerjakan.

Udang merupakan salah satu komoditas makanan laut di Indonesia yang masih menjadi konsumsi utama karena sebagai makanan dengan sumber daya mineral dan sumber protein hewani yang baik. Salah satu jenis udang yang menjadi populer adalah udang vannamei. Udang termasuk kategori makanan yang mudah rusak, maka salah satu cara yang banyak digunakan untuk menjaga kualitas udang untuk pengolahan dan pendistribusiannya adalah dengan menerapkan teknologi pembekuan dalam jual udang vannamei IQF tersebut. IQF memiliki prinsip meniup udara dingin dan membekukan udang per kapita tanpa saling menempel.

Metode Individual Quick Freezing memiliki kelebihan seperti tahap pemrosesan yang lebih cepat atau efisien, semua produk adalah permukaan beku seragam, dan media pendingin (refrigerant) menggunakan amonia, yang dapat ditentukan dengan mudah dan cepat saat mengalami kebocoran pada pipa.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: