10 Alat Laboratorium Yang Sering Terlihat Di Laboratorium Kimia

Laboratorium peneliti maupun laboratorium yang ada di sebuah sekolah untuk praktek tentunya berisi alat-alat laboratorium yang digunakan untuk kegiatan riset ilmiah, eksperimen, pengukuran ataupun pelatihan ilmiah dilakukan. Beberapa alat laboratorium kimia yang sering dicari di tempat jual alat lab serta sering terlihat di laboratorium kimia yaitu :

1. Labu Erlenmeyer

Labu ErlenmeyerDigunakan untuk proses titrasi untuk menampung larutan yang akan dititrasi. Labu Erlenmeyer juga dikenal sebagai labu berbentuk kerucut, adalah jenis labu laboratorium yang banyak digunakan. Memiliki tubuh berbentuk kerucut, leher silinder dan dilengkapi dengan dasar yang datar.

2. Gelas Beaker

Gelas BekerSebuah wadah penampung yang digunakan untuk mengaduk, mencampur, dan memanaskan cairan. Memiliki bentuk silinder dan tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 1 mL sampai beberapa liter.

3. Labu Ukur Leher Panjang

labu ukur leher panjangUntuk membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dan mengencerkan larutan dengan keakurasian yang tinggi, biasanya digunakan untuk mendapatkan larutan zat tertentu yang nantinya hanya digunakan dalam ukuran yang terbatas hanya sebagai sampel dengan menggunakan pipet.

4. Pipet Ukur

Pipet UkurAlat laboratorium yang digunakan untuk memindahkan volume cairan terukur. Biasa digunakan dalam pengujian-pengujian biologi molekular, kimia analitik, juga kedokteran.

5. Tabung Reaksi

AA002824Untuk menampung, mencampur, atau memanaskan sejumlah kecil bahan kimia padat atau cair, terutama untuk uji kualitatif.

6. Desikator

DesikatorUntuk menyimpan bahan-bahan yang harus bebas air dan mengeringkan zat-zat dalam laboratorium. Dikenal dua jenis desikator yaitu desikator biasa dan desikator vakum. Banyak digunakan dalam analisa kadar air dimana didalam desikator tersebut diberikan bahan yang disebut dengan silica gel.

7. Gelas Arloji

gelas arlojiUntuk menimbang bahan-bahan kimia yang bersifat higroskopis, sebagai penutup saat melakukan pemanasan bahan kimia, dan sebagai wadah untuk mengeringkan suatu bahan dalam desikator.

8. Cawan Petri

Cawan PetriDigunakan untuk membiakkan sel yang bentuknya bundar dan terbuat dari plastik atau kaca. Juga digunakan sebagai wadah untuk penyelidikan tropi dan juga untuk mengkultur bakteri, khamir, spora, atau biji-bijian.

9. PH Meter

PH Meter DigitalUntuk mengukur pH (kadar keasaman atau basa) suatu cairan. Prinsip kerja dari alat ini yaitu semakin banyak elektron pada sampel maka akan semakin bernilai asam begitu pun sebaliknya, karena batang pada pH meter berisi larutan elektrolit lemah.

10. Jar Test

Jar TestBanyak juga yang jual jar test berfungsi untuk menentukan dosis optimal dari koagulan (biasanya tawas/alum) yang digunakan pada proses pengolahan air bersih. Para peneliti mencari jar test di tempat yang jual jar test untuk melakukan proses penjernihan air dengan menggunakan koagulan, dimana koagulan akan membentuk flok–flok dengan adanya ion–ion yang terkandung dalam larutan sampel.

Demikian 10 alat laboratorium yang sering saya lihat baik di tempat yang jual alat lab maupun di laboratorium kimia. Semoga bermanfaat dan yang ingin menambahkan monggo….

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

Up ↑

%d bloggers like this: